Bisnis Kedai Kopi Keliling Beromzet Puluhan Juta Rupiah


Anda penggemar kopi? Ingin hunting kopi tapi malas berkeliling? Tak perlu bingung, Kopi Oey Melantjong (baca: kopi wi melancong) bakal datang ke tempat anda. Tak perlu sibuk mencari, kedai kopi keliling ini justru yang akan menghampiri anda.

Eza (26), Market Communication kedai tersebut mengatakan, kali ini, pihaknya menghadirkan kedai kopi mobile outlet untuk memenuhi para penggemar kopi secara keliling. Praktis dan tak perlu repot.

"Ini promosi yang pertama. Kedai kopi yang berjalan mengunjungi tamu," kata Eza saat disambangi detikFinance, di acara 'Pesta Wirausaha' yang diadakan Komunitas Tangan Di Atas (TDA), di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, awal Februari lalu.

Dia mengungkapkan, kedai keliling tersebut beroperasi untuk pertama kalinya pada Senin, 11 Februari 2013. Rute awal, Kopi Oey Melantjong akan mangkal di sekitar Mal Arion dan Jl. Pustaka, Rawamangun, Jakarta Timur.

"Start di sekitaran Rawamangun, di Mall Arion dan Jalan Pustaka, yang dekat sama kandang dulu," kata Eza.

Dia menjelaskan, kedai kopi keliling tersebut akan berkeliling menggunakan mobil VW Combi (Volkswagen Combi) yang dimodifikasi untuk menarik pelanggan. Nantinya, kedai tersebut akan berkeliling ke tempat-tempat hangout yang ada di Jakarta. Kedai kopi keliling milik Bondan Winarno, pakar kuliner ini akan beroperasi pukul 9 pagi sampai 5 sore.

"Kedai ini kita set menjadi kedai aneka koedapan (cemilan) dan minuman. Nanti akan keliling Jakarta tempat-tempat hangout seperti Bulungan, Kunngan, dan banyak lagi. Kita mulai dari jam 9 pagi sampai 5 sore tapi ini tentatif, kalau rame stay di sana," ujarnya.

Eza menyebutkan, makanan dan minuman di kedai ini dibanderol murah mulai dari Rp 15-18 ribu untuk minuman dan untuk makanan dihargai mulai dari Rp 10-36 ribu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam pameran 'Pesta Wirausaha' selama 3 hari itu, pihaknya menargetkan bisa menggandeng 15 kemitraan. "Target 12-15 mitra. Sudah banyak yang mau join," katanya.

Untuk tahap awal, dia menargetkan bisa mencapai omset Rp 1,5 juta per hari atau sekitar Rp 45 juta per bulannya.

"Omset awal kita sih bisa Rp 1-1,5 juta per hari. Sebulan ya kira-kira bisa dapat Rp 45 juta," ungkapnya.

Untuk yang mau join, Eza menyebutkan, untuk jenis usaha kedai kopi mobile outlet ini dibutuhkan total investasi sebesar Rp 250 juta yang terbagi atas investasi sebesar Rp 175 juta dan lisensi Rp 25 juta per 5 tahun.

"Join investasi totalnya Rp 250 juta termasuk VW nya (mobilnya). Investasi sudah termasuk VW Combi+modifikasi. Nanti setelah 5 tahun bisa perpanjang lagi lisensinya dengan pembayaran lagi Rp 75 juta," kata Eza.

Mau tahu menu dari Kopi Oey Melantjong? Ini daftarnya.
Minuman:
- Kopi Soesoe Indotjina Panas
- Kopi Saring Atawa Koffie O
- Kopi Toebroek Djawa
- Kopi Hitam Kental Italia
- Kopi Taloe Boekittinggi
- Kopi Toerki
- Kopi Tarek Semenandjung

Makanan:
Aneka roti bakar selai dan roti prata (ala India) dicampur meses+pisang+keju
Previous
Next Post »