DPR: Agus Marto Calon Tunggal Gubernur BI di Luar Prediksi


Pernah ditolak, DPR akan tetap memproses usulan pemerintah ini.

Komisi XI DPR-RI mengaku kaget dengan langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengajukan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia.

Wakil Ketua Komisi XI Hary Azhar Azis mengatakan, pencalonan Agus Martowardojo sebagai Calon Gubernur BI di luar prediksi. Pasalnya, pada 2008 silam, Agus Marto bersama Raden Pardede diajukan SBY sebagai calon Gubernur BI, namun ditolak oleh DPR dalam sidang paripurna.

"Ini di luar prediksi, tapi sekarang mungkin tafsir politiknya berbeda, apakah Agus tidak diperlukan sebagai Menteri Keuangan, sehingga dia dilempar ke Bank Indonesia," kata Harry kepada VIVAnews di Jakarta, Sabtu 23 Febuari 2013.

Namun, DPR tetap akan memproses Agus Martowardojo ke dalam sidang paripurna pada Selasa, 26 Februari 2013 mendatang. Selanjutnya, akan dimasukkan dalam Badan Musyawarah DPR RI (Bamus) pada Kamis 28 Februari 2013.

"Paling cepat senin 4 Maret 2013, nama Agus Marto akan dibahas internal di komisi XI. Setelah itu baru dilakukan fit and proper test, tapi ini masih tergantung rapat komisi." Sebelumnya,  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia kepada DPR. Agus akan menggantikan Darmin Nasution yang masa jabatannya sebagai Gubernur bank sentral Indonesia akan berakhir pada Mei 2013 mendatang. Baca profil lengkap Agus Martowardojo di sini.

Previous
Next Post »