Harga BBM Subsidi di RI Termurah Setelah Venezuela dan Arab Saudi


Saat ini harga BBM subsidi di Indonesia Rp 4.500 per liter adalah yang termurah nomor 3 di dunia, meskipun produksi minyak kita terus menurun. Harga BBM di Indonesia termurah setelah Venezuela dan Arab Saudi.

Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Raden Pardede mengatakan, saat ini harga BBM termurah di dunia adalah di Venezuela yaitu Rp 154/liter, namun produksi minyak di Venezuela mencapai 2,453 juta barel/hari. Lalu harga BBM termurah kedua adalah di Arab Saudi yaitu Rp 1.155/liter, dengan produksi minyak 9,57 juta barel/hari. Kemudian Indonesia dengan arga BBM Rp 4.500/liter, dan produksi minyak hanya sekitar 800 ribu barel/hari.

"Harga BBM kita termurah ketiga di dunia, padahal produksi mintak kita kecil, dan cadangan kita hanya 3,6 miliar barel, sementara Venezuela 300 miliar barel atau yang terbesar di dunia. Di Iran saja harga BBM lebih mahal, padahal produksi minyaknya lebih tinggi dari kita. Demikian juga dengan Rusia yang produksi mintaknya lebih besar, tapi harga BBM-nya di harga keekonomian," papar Raden kepada detikFinance, Sabtu (6/4/2013).

Banyak negara dengan produksi minyak lebih besar dari Indonesia, namun harga BBM yang dijual lebih mahal. Contohnya Norwegia dengan produksi minyak 1,9 juta barel/hari, dan menjual BBM Rp 24.727/liter. Lalu Inggris dengan produksi minyak 1,099 juta barel/hari, menjual BBM Rp 20.696/liter. Ada juga Brasil dengan produksi minyak 2,6 juta barel/hari, dan menjual BBM Rp 13.866/liter.

Kemudian Kanada dengan produksi minyak 3,592 juta barel/hari, menjual BBM Rp 12.839/liter/ Lalu Iran dengan produksi minyak 4,23 juta barel/hari menjual BBM Rp 5.521/liter.

"Kita dininabobokan, seakan-akan kita kaya. Kita terlampau diiming-imingi negara kita kaya. Kita tidak miskin tapi terbatas. Kita jangan terlena," kata Raden.

Belum lagi, ujar Raden, BBM di Indonesia masih disubsidi dengan nilai ratusan triliun dan salah sasaran karena dinikmati oleh masyarakat mampu pemilik mobil pribadi.

Raden mengatakan, ada dua opsi yang bisa diambil pemerintah agar subsidi BBM tak membengkak dan tepat sasaran. Pertama adalah dengan melarang mobil pribadi menggunakan BBM subsidi, atau yang kedua adalah menaikkan harga BBM tapi dengan memberikan program perlindungan kepada orang miskin.
Previous
Next Post »