20% Lebih Apartemen di Singapura Dikuasai Orang Kaya Indonesia


Singapura masih menjadi tujuan utama investasi properti orang-orang berduit asal Indonesia di luar negeri. Alasannya Singapura hampir memiliki kesamaan budaya dan jarak yang dekat dengan Indonesia.

Hal tersebut dikatakan oleh Country Director Ray White Indonesia, Johann Boyke Nurtanio di sela acara acara Konferensi Pers Crown Group di Restroan C's Grand Hyatt, Jakarta, Senin (25/2/2013).

"Saat ini Indonesia menduduki peringkat ketiga untuk investor properti asing di Singapura, pertamanya China, keduanya Malaysia. Dari ketiga itu, Indonesia cukup besar, 20% lebih, dan pertumbuhannya cukup baik," ungkap Johann.

Ia mengatakan, daya beli masyarakat Indonesia cukup tinggi, sehingga masih banyak orang Indonesia berinvestasi properti di Singapura. Kebanyakan dari mereka menanamkan investasi dengan membeli apartemen.

"Banyaknya masih apartemen. Jadi kenapa Singapura, karena Singapura itu dekat, dan budaya nya hampir sama lah dengan Indonesia, dari makanan dan segala macamnya," katanya.

Selain Singapura, Johann mengatakan, masyarakat Indonesia pun banyak membeli properti di negara Kangguru Australia. Pertumbuhan pembelian properti oleh orang Indonesia di negara ini diprediksikan akan terus naik, seiring dengan banyaknya maskapai penerbangan yang membuka rute baru antar kedua negara.

"Untuk Australia juga cukup baik, ditambah kita lihat sekarang ada Air Asia menuju ke Perth, lalu ada Lion Air yang membuka Batik Air sebentar lagi," lanjutnya.

CEO Crown Group Iwan Sunito mengatakan, daya beli masyarakat Indonesia cukup tinggi. Bahkan untuk beberapa orang Indonesia sanggup membeli beberapa unit apartemen yang dikelola perusahaannya di Singapura.

"Ada juga orang Indonesia yang tinggal disana, dia beli disana, dia beli lima. Tapi lalu dia bawa keluarganya beli 5 lagi, berarti kita melihat sih, dulu yang pembelian orang luar negeri itu sekitar 10%, sekarang 20% lebih. Itu menunjukkan makin banyak saja orang dari luar negeri yang masuk ke Sydney," pungkasnya.
Previous
Next Post »