Tangki Limbah Nuklir Amerika Serikat Bocor



Ratusan galon setiap tahunnya bocor, khawatir mengontaminasi air.

Enam tangki limbah nuklir di Penampungan Nuklir Hanford, Washington, Amerika Serikat, dilaporkan bocor dan dikhawatirkan semakin mencemari tanah serta Sungai Kolombia. Sepanjang tahun, limbah uranium dalam tangki telah bocor hingga ratusan galon.

Diberitakan Reuters, Sabtu 23 Februari 2013, bocoran baru ini diungkapkan oleh Gubernur Jay Inslee berdasarkan laporan dari Kementerian Energi AS. Enam tangki bawah tanah itu memang sudah lama dan tidak memiliki tembok penahan bocor yang tebal.

Inslee mengatakan bahwa bocoran tidak akan mencapai Sungai Kolombia. "Tidak ada risiko kesehatan yang akan diakibatkan oleh bocoran baru ini. Bocoran diketahui terletak 8 kilometer dari Sungai Kolombia," kata Inslee.

Menurut laporan Kementerian Energi, salah satu tangki di Hanford bocor 150 hingga 300 galon setiap tahunnya. Tangki-tangki lainnya mengalami kebocoran yang sama walaupun jumlahnya tidak sama banyak.

Dua tangki terbesar di lokasi tersebut mampu menampung 750.000 galon dan 500.000 galon. Empat tangki lainnya dirancang untuk menampung limbah hingga 55.000 galon. Semua tangki ini dibangun sejak puluhan tahun lalu. Kementerian Energi memastikan bahwa bocoran belum mengontaminasi tanah dan air di sekitar lokasi. Namun, akibat kebocoran yang berlangsung lama, Badan Perlindungan Alam AS mencatat lebih dari 475 miliar galon air limbah telah masuk ke dalam tanah.

Penampungan Nuklir Hanford dibangun di dekat kota Hanford, negara bagian Washington. Pada 1943 sebagai bagian dari Proyek Manhattan, program pertama AS dalam membuat bom atom.

Previous
Next Post »