Roket Palestina Ditembakkan ke Israel


Sebuah roket ditembakkan dari wilayah Jalur Gaza dan mendarat dekat Ashkelon, Israel selatan hari ini. Tak ada korban dalam serangan roket Palestina ini.

"Roket itu jatuh dini hari tadi di dekat Ashkelon dan menimbulkan sejumlah kerusakan di jalan raya, tanpa melukai seorang pun," kata juru bicara kepolisian Israel, Micky Rosenfeld seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (26/2/2013).

Ini merupakan serangan roket pertama dari wilayah Palestina sejak berakhirnya operasi Israel pada November 2012 lalu. Saat itu, ribuan roket ditembakkan ke wilayah Israel dari Jalur Gaza, yang dikuasai oleh kelompok Hamas.

Pemerintah Israel dan Hamas akhirnya menyetujui gencatan senjata pada 21 November lalu menyusul operasi militer Israel yang berlangsung delapan hari di wilayah Gaza. Konflik itu menewaskan 177 warga Palestina, yang sebagian besar adalah warga sipil. Enam warga Israel, empat di antaranya warga sipil, juga tewas dalam kekerasan tersebut.

Serangan roket pada Selasa ini terjadi di tengah ketegangan menyusul kematian seorang tahanan Palestina di penjara Israel. Otoritas Palestina menyebut tahanan tersebut telah disiksa hingga tewas oleh aparat Israel.

Pria Palestina bernama Arafat Jaradat itu ditahan otoritas Israel pada 18 Februari lalu dan meninggal lima hari kemudian di selnya. Otoritas Israel menyatakan, Jaradat tampaknya tewas akibat serangan jantung. Namun hasil autopsi jasad ayah dua anak itu menunjukkan adanya memar-memar pada tubuhnya, kerusakan otot dan sejumlah tulang yang patah.
Previous
Next Post »