Demi Terpilih Lagi, Anggota DPR Mulai Rajin Blusukan Ala Jokowi


Dari catatan Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formapi), sebanyak 90,5 persen dari 560 anggota DPR saat ini, kembali mencalonkan diri sebagai caleg. Demi terpilih kembali untuk duduk di kursi Senayan, caleg muka lama pun mulai rajin blusukan menemui konstituen di daerah pemilihan.

Bagi Koordinator Formapi, Sebastian Salang, aktifnya anggota DPR jelang Pemilu bulan April 2014 memang hal wajar. Mereka ingin memastikan kursinya di Senayan tidak hilang.

"Memang politisi ini aktifnya menjelang pemilu, jika butuh mereka turun ke masyarakat," kata Sebastian di kantor sekretariat Formapi di Matraman, Jaktim, Minggu (28/4/2013).

Menurutnya selama 5 tahun, komunikasi anggota dengan konstituen tidak terjaga. Padahal sebagai anggota dewan, basis konstituen harus tetap dirawat.
"Tapi tiba saatnya jelang pemilu mereka datang akhirnya masyarakat bertanya dan terjadi transaksi politik," tuturnya.

Akibat politik transaksional, biaya politik menjadi mahal. Caleg akan menghabiskan miliaran rupiah agar mendapat banyak suara dan lolos ke Senayan. "Hukuman yang paling baik untuk politisi seperti itu ya jangn dipilih lagi. Pemilih jangan tergoda hal-hal pragmatis karena mereka dengan mudah akan lupa lagi ketika sudah duduk di Senayan," ujar Sebastian.
Previous
Next Post »