Pasar Windows Phone 8 Diprediksi Tumbuh 4 Kali Lipat

Tapi, IDC tetap memprediksi Android masih menjadi penguasa platform.

MNK CENTER - Peluncuran sistem operasi mobile terbaru besutan Microsoft, Windows Phone 8, diprediksi bertumbuh di Indonesia. Meski demikian, Windows Phone diperkirakan belum mampu mengalahkan dominasi sistem operasi besutan Google, Android.

Lembaga riset teknologi, IDC Indonesia, memperkirakan pada 2013 Windows Phone 8 tumbuh lebih dari empat kali lipat dari pangsa pasar saat ini.

"Saat ini, Windows Phone 8 hanya 2 persen. Tahun depan kami perkirakan mencapai 9 persen," ujar Darwin Lie, Market Analyst Client Devices IDC Indonesia, usai acara bertajuk "Proyeksi Tren Teknologi 2013" di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin 17 Desember 2012.

Pertumbuhan Windows Phone 8, menurut Darwin, dipengaruhi oleh jumlah vendor yang memakai sistem operasi ini. "Vendor yang pakai lebih banyak, dulu Nokia sekarang ada HTC. Kemungkinan ada Samsung," ujarnya.

Syarat agar Windows Phone bisa tumbuh lebih tinggi, Darwis melanjutkan, harus didukung dengan harga perangkat yang terjangkau, di bawah US$200. Sistem operasi yang sangat ramah digunakan dan mendukung sinkronisasi ekosistem, menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan sistem operasi.

Selain itu, meski pada akhir Januari 2013 Research In Motion (RIM) akan meluncurkan sistem operasi baru, BlackBerry 10 (BB 10), hal itu belum mendongkrak sistem operasi tersebut di pasar Indonesia. Faktor yang mempengaruhi, Darwin melanjutkan, harga perangkat yang menjalankan BB 10 tergolong masih tinggi.

"Tapi, BB 10 masih laku, ada pasarnya. Tapi, harga tinggi membuat penyerapan pasar lambat," ujarnya. Pertumbuhan BlackBerry di Indonesia, menurut dia, masih didorong oleh perangkat dengan sistem operasi BlackBerry lama. "Lebih banyak didorong BlackBerry 9920 dan 9320," katanya.

Dalam proyeksinya, IDC memperkirakan pangsa pasar Android menurun dari 56 persen saat ini menjadi 53 persen pada 2013. Sistem operasi BlackBerry juga diprediksi menurun dari 37 persen pada 2012 menjadi 35 persen tahun depan.

Sementara itu, iOS diprediksi stagnan di angka 3 persen dari tahun ini hingga 2013.

Munculnya sistem operasi baru berpeluang dalam mendorong pertumbuhan smartphone. Menurut data IDC, pangsa pasar smartphone pada 2012 ini mulai naik dari kuartal kedua dengan 11,10 persen menjadi 12,67 persen pada kuartal ketiga. IDC memproyeksikan pada akhir 2013, pangsa pasar smartphone mencapai 16 persen.

Menurut Darwin, pertimbangan pelanggan Indonesia memilih smartphone yang paling utama yaitu terkait harga. Kemudian, pertimbangan ketersediaan ponsel di pasar, desain ponsel, dan terakhir pertimbangan sistem operasi ponsel.

Previous
Next Post »